Semua orang; yak SEMUA orang pintar! Berdasarkan teori Howard Gardner: Multiple Intelligences

Di buku pelajaran bahasa Inggris di tempat aku mengajar, sejak lebih dari 10 tahun lalu ada satu lesson tentang Multiple Intelligences (MI) atau Kecerdasan Majemuk; sebuah teori dari Dr. Howard Gardner. Sampai sekarang lesson itu masih ada di buku yang lebih baru dan aku selalu semangat mengajarnya dengan semangat syiar kebaikan (ehem, ehem, rada lebay Kubilai Khan).

Saat pertama kali mengetahui tentang MI di international conference yang diselenggarakan kantor pusat tempat aku mengajar; tidak ada kata lain bahwa aku SANGAT tertarik. Namun walaupun sudah mengetahuinya sejak lama dan dengan semangat memberi tahu pada siswa dan siapapun agar jangan menyepelekan siapapun dan keahlian mereka; arti bahwa semua orang itu pintar baru bermakna sebenar-benarnya bermakna saat aku memutuskan untuk homeschool.

Dengan homeschool, the limit is the sky; bukan lagi standard nasional, tapi standard internasional yang benar-benar internasional; bukan ecek-ecek cuma label internasional saja seperti yang banyak di sekolah-sekolah sekarang; baik milik swasta maupun milik pemerintah. Benarkah dengan label internasional sekolah-sekolah itu bisa bersaing di kancah internasional? Pertanyaan sekaligus tantangan buat aku, kamu, semua.

Ada beberapa teori tentang Multiple Intelligences. Namun yang asli dari Dr. Gardner ada tujuh kecerdasan yang akan aku coba uraikan di tujuh kecerdasan pertama. Sementara tambahannya adalah yang tambahan yang dimungkinkan ada.

Setiap orang mempunyai seluruh kecerdasan ini; hanya saja kekuatan setiap kecerdasan itu berbeda tergantung pada rangsangan yang diberikan oleh lingkungan dimana orang tersebut tinggal. Seperti mengapa etnis Batak dan Ambon pandai menyanyi, petani atau anak desa peka terhadap perubahan iklim, seorang anak suka memancing karena selalu diajak oleh ayahnya.

Nah, dari dua gambar di posting ini, berikut kecerdasan yang disebut berikut profesi yang konon cocok:

1. Bodily Kinesthetic Intelligence atau Body Smart. Kecerdasan untuk mengendalikan gerakan tubuh dan benda. Kecerdasan ini juga termasuk kesadaran waktu dan target yang digerakkan oleh tubuh. Profesi yang konon cocok antara lain adalah atlit, pilot, penari, musisi, dokter, polisi, tentara, pemadam kebakaran.

2. Logical Mathematical Intelligence atau Logic Smart. Kecerdasan yang meliputi kemampuan angka, logika dan abstrak. Profesi yang konon cocok antara lain adalah insinyur, akuntan, programmer. 

3. Verbal Linguistic atau Word Smart. Kecerdasan mengolah kata, baik lisan dan tulisan. Pandai memahami bacaan, menulis, bercerita dan menghafal/mengingat-ingat kata-kata juga mempelajari bahasa. Profesi yang konon cocok antara lain adalah penulis, jurnalis, pengacara, guru.

4. Visual Spatial Intelligence atau Picture Smart. Kecerdasan menggunakan mata untuk menentukan mengintepretasikan ruang, bentuk atau gambar serta hubungan antara ruang dan pengaruhnya. Profesi yang konon cocok antara lain adalah seniman, desainer, kartunis, fotografer, make-up artist, arsitek, perupa.

5. Musical Intelligence atau Music Smart. Kecerdasan yang meliputi kesadaran, penghargaan dan penggunaan suara, pengenalan pola irama dan pemahaman antara suara dan perasaan yang akan ditimbulkannya. Profesi yang konon cocok antara lain adalah penyanyi, komposer, DJ, music producers, stem piano, guru musik, guru vokal.

6. Interpersonal Intelligence atau People Smart. Kecerdasan untuk berhubungan dengan orang lain; memahami perilaku dan komunikasi serta hubungan antara orang dan situasi dimana mereka berada. Profesi yang konon cocok antara lain HRD, sales person, psikolog, penasehat, politisi. inspirator. 

7. Intrapersonal Intelligence atau Self Smart. Kecerdasan memahami diri sendiri untuk berhubungan dengan orang lain dan dunia; memahami apa kebutuhan diri yang diperlukan untuk berubah dalam rangka menyesuaikan diri dan bereaksi terhadap suatu perubahan. Profesi yang konon cocok antara lain adalah: ilmuwan, novelis, wirausaha.

Selain tujuh kecerdasan di atas ada dua kecerdasan lain seperti dalam dua gambar di atas.

8. Naturalist Intelligence atau Nature Smart. Kecerdasan yang membuat seseorang lebih suka berada di alam terbuka dari pada di dalam rumah, suka memelihara hewan, paham berbagai nama flora dan fauna dan terpesona oleh keindahan bintang, bulan dan angkasa luar. Profesi yang mungkin cocok antara lain adalah petani, ahli lingkungan, ahli biologi, ahli kelautan, geologi. 

9. Existential Intelligence atau Deep Question Smart. Kecerdasan yang membuat seseorang menjadi peka atau memiliki kemampuan secara konseptual menjawab pertanyaan tentang eksistensi manusia, seperti arti kehidupan, mengapa kita dilahirkan, mengapa kita meninggal, apa kesadaran itu dan bagaimana kita mencapai kesadaran tersebut. Profesi yang mungkin cocok antara lain filsuf, agamawan, cendekiawan.

Semoga dengan pengetahuan tentang berbagai macam kecerdasan ini, kita sebagai warga masyarakat dan warga dunia yang majemuk dan sangat beragam ini tidak lagi menghakimi seseorang atas kemampuan atau ketidak-mampuannya. Kita hanya mahluk lemah yang harus selalu belajar di jaman yang tidak pernah berhenti berubah. Tuhan Maha Kuasa dan Maha Bijaksana; TIDAK mungkin Dia menciptakan "reject-an".

Sumber:
Sumber gambar:

Comments

Popular Posts