Anakku Amira, sang Maha Dewi.

Amira dan Novarinta Boer
Secara biologis aku punya satu anak perempuan; jadi judul itu secara subyektif adalah pujian seorang emak ke anak perempuannya. Tapi aku mau cerita sebuah momen yang ada hubungannya dengan lagu Maha Dewi; sebuah lagu milik grup musik Padi.

Kalau lihat gambar di samping; itulah Amira kecil saat dia berumur 5-6 tahun di video klip lagu tersebut. Video klip ini sudah tidak dapat dicari di youtube karena masalah hak cipta milik satu perusahaan musik raksasa. Sayang juga kemarin-kemarin gak aku unduh.

Amira bisa ada dalam klip itu karena sang sutradara, Isaac Wee yang asal Malaysia -yak Malaysia, jangan sedih ya- adalah yang sebelumnya menyutradarai iklan dimana Amira menjadi salah seorang castnya. Iklannya sampai sekarang masih aku cari -sebuah suplemen vitamin C. Tapi kemana ya cari iklan yang sudah lama? My goodness, si Amira sudah 17 tahun dan iklan itu lebih dari 10 tahun yang lalu. 

Lea, Amira, Rinta
Ada lima perempuan dan satu bayi perempuan dalam klip itu karena tema lagu tersebut adalah tentang perempuan. Ke-lima perempuan dalam berbagai umur tersebut menggambarkan berbagai umur dalam perkembangan seorang perempuan. Yang paling muda diwakili oleh Amira. Yang berikutnya adalah 'kakak' Amira yang seorang gadis remaja diperankan oleh pemenang Gadis Sampul 1998, Novarinta Boer. Perempuan berikutnya adalah seorang ibu muda yang diperankan oleh Lea yang sebetulnya seumur Rinta (belum ketemu dimana dia juga nama lengkapnya) dengan satu orang bayi perempuan yang belum bisa berjalan. Terakhir seorang nenek cantik dan anggun. Yang menarik pemeran nenek ini sebenarnya adalah ibu kandung Novarinta -Rininta Boer- yang sebenarnya hanya 1-2 tahun di atas aku. Tentu saja Rininta dipoles agar tampak lebih tua. 

Bagi angkatan angkatan 70 - 80, Rininta adalah juga salah satu pemenang di ajang Putri Remaja yang digagas majalah Gadis sebelum ajang tersebut berubah nama menjadi Gadis Sampul. Nama lengkap ngetopnya saat itu adalah Rininta Amriyani Kusumawardhani; jaman-jaman setelah Marina Sastrowardoyo (ini tantenya Dian Sastro), Petty Tunjung Sari (anak Titiek Puspa), Ratih Sang, Oki Asokawati (dua model kelas atas) yang merupakan Putri Remaja majalah Gadis yang pertama. Bagi angkatan sekarang, Rininta Boer tampil berperan sebagai ibunya Cinta yang diperankan secara spektakular oleh Dian Sastrowardoyo di film terkenal Ada Apa Dengan Cinta. Berjumpa dengan Rininta seperti a small dream came true buat aku. Bisa sekamar pulak.  

Rinta dan Amira
Video klip diambil di pantai di daerah Ujung Genteng dekat Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Ujung Genteng terkenal karena penangkaran penyunya. Namun selama disana kami tidak punya waktu melihat kegiatan penyu bertelur karena harus dilakukan malam-dini hari. Kurang lebih kami habiskan 3 malam di sana dan tinggal di satu vila dengan dua kamar. Satu kamar ditempati oleh aku, Amira, Rinta dan Rininta. Satu kamar lagi ditempati oleh Lea dan bayi yang akan menjadi "anak" Lea di klip tersebut berserta ibu sang bayi dan satu pengasuh. Lea harus tinggal sekamar dengan sang bayi karena diharapkan si bayi bisa akrab dengan Lea untuk syuting keesokan harinya.

Untuk mencapai daerah pantai yang jarang didatangi pengunjung, kami mengendarai Toyota Land Cruiser lama yang sangat terawat dengan baik milik sang sutradara. Isaac membawa dua Toyota Land Cruiser disamping mobil lainnya. Bukan cuma terawat, sound systemnya juga canggih. Perjalanan dari tempat menginap ke lokasi sekitar 15 - 20 menit. Isaac pandai mencari lokasi yang jarang terjamah penduduk sekalipun. Pemandangannya luar biasa. Ada satu danau di tepi pantai yang merupakan lagoon yang luar biasa cantik dan jika pernah lihat video klipnya, saat ada lilin-lilin di air, itu diambil di lagoon itu. 

Rinta adalah gadis manis yang sangat care pada Amira. Dia bahkan sempat menuliskan dengan tangan tabel perkalian 1 sampai 10 khusus buat Amira sambil mengajari karena tahu Amira sedang belajar perkalian. Rininta saat itu cerita bahwa Rinta tidak suka syuting karena ingin sekali konsentrasi untuk menjadi dokter. Sebagai pemenang Gadis Sampul tentu penawaran bejibun buat Rinta. Ternyata Rinta sama dengan Amira yang tidak terlalu suka kegiatan syuting menyuting ini. Banyak orang menganjurkan agar Amira mengambil kesempatan agar bisa bermain sinetron saat itu. What? Kami sekeluarga BUKAN penonton dan TIDAK SUKA sinetron. Saat itu Rinta masih SMA dan dia sepertinya gadis yang tekun belajar. Saat itupun dia terus belajar. Aku tidak tahu dimana dia sekarang. Semoga dia tercapai cita-citanya. 

All in all, menurut aku video klip itu benar-benar stunning hasilnya walaupun saat pembuatan kami tidak berjumpa dengan Padi karena personil Padi disyut di studio sementara kami di luar studio. Aku merasa beruntung berkesempatan syuting video klip dan iklan disutradarai oleh Isaac. Sebagai orang Indonesia aku pasti ingin tahu cara kerja sutradara besar Indonesia. Tidak semua orang dapat kesempatan seperti itu. Isaac menurut aku punya nilai-nilai artistik dan nilai-nilai kehidupan yang tidak dimiliki oleh sutradara Indonesia pada umumnya. Amira yang berkulit tidak putih dan bukan anak centil imut-imutlah yang Isaac pilih dan Isaac juga jatuh cinta luar biasa dengan kepolosan itu. Sebagai orang non Indonesia, Isaac justru melihat keindahan Indonesia yang begitu luar biasa buat orang luar Indonesia pada umumnya, namun dianggap remeh oleh orang Indonesia sendiri. 

Beberapa saat yang lalu Tonny Syultan, casting director dari tim Isaac berhubungan kembali dengan aku dan mencari Amira karena "om Isaac cari Amira". Sampai sekarang Tuhan dan waktu belum mengijinkan kami untuk dapat menjalin hubungan baik dengan Isaac Wee, istrinya Karen dan adiknya Ben Wee yang juga seorang sutradara. Semoga kami bisa bertemu kembali dan it's a beginning of a beautiful friendship ;-)

Comments

Rokieromie said…
Wah gak nyangka ya, ternyata gadis kecil di video klip itu Amira anaknya Bu Moi...
Suka banget ma lagu Mahadewi.......
Sukses ya Bu Moi, salam buat Amira, yg sekarang mungkin udah besar ya.....
Moi Kusman said…
He3x, iya Riko, alhamdulillah baru sekali jadi model video klip terus grup & lagunya keren pulak. Makasih. Amira sudah di tahun ke 2 nya di Fakultas Ilmu Budaya jurusan Filsafat di UI. Insya Allah nanti salam disampaikan.
Eka said…
Amira so cute! Dr kecil udah cakeeeppp! *untung ga mau maen sinetron* hihihihi :) duhh.. keren banget vid clipnya!
Moi Kusman said…
Makasih, Eka. Iya kami beruntung ditawari iklan satu2nya itu & video klip langsung ditangani Isaac Wee. Amira alhamdulillah juga gak mau sinetron2. Kami gak nonton sinetron trus main sinetron gitu? He3x. No, thank you.
Kanya said…
halo bu moi, salam kenal. beberapa bln lalu aku kangen sama lagu2 indonesia lama. tiba2 keinget mahadewi nya padi. wah bener2 nostalgia. soalnya dah susah nemu lagu + video yg berkualitas kayak gitu. aq juga udah download dari youtube dan kutonton puluhan kali dalam sehari, kangen banget soalnya he..he.. smoga ibu juga sudah bisa download. salam buat Amira.bener2 gak nyangka waktu cepet banget berlalu, pasti sdah jdi gadis cantik skarang, aq juga kuliah di fakultas ilmu budaya tapi di UGM dan udah selesai 2010 lalu ^^ sukses ya Amira!!
Kinu Lip said…
apakah ibu masih mencari keberadaan Rinta? kebetulan beliau satu sekolah dengan adik saya SMU-nya
Moi Kusman said…
Halo, Kanya, terima kasih sudah mampir. Salam kenal. Wah, selamat ya sudah lulus dari FIB UGM. Alhamdulillah Amira juga sudah lulus September lalu. Sekarang kerja di LSM di Jakarta & bekerja di wilayah yang dia suka, tentang kaum marjinal, isu perempuan, & hak azasi. Keep in touch ya. <3
Moi Kusman said…
Mau! Terima kasih.

Popular Posts