Bahasa Menunjukkan Bangsa. Yuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bahasa menunjukkan bangsa. Tidak disangkal lagi. Bahasa Indonesia adalah identitas kita sebagai bangsa. Mencintai bahasa Indonesia? Cape deh! Ya iyalah! Hanya orang bodoh yang tidak menghargai apa miliknya sendiri; apa lagi harta tak ternilai itu diwariskan dari dan diamanatkan oleh nenek moyang yang kita hormati dan juga adalah alat pemersatu bangsa yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan bahasa daerah yang unik ini. Bahasa gaul atau bahasa sehari-hari juga kekayaan dan kekuatan kita, namun penguasaan bahasa Indonesia yang benar akan memberi nilai tambah yang sangat signifikan pada siapa diri kita.

Sebagai guru bahasa Inggris aku sering menemukan fakta bahwa penguasaan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah kunci agar seseorang dapat menguasai bahasa asing. Bagaimana seseorang dapat berbahasa asing saat tidak mengetahui kaidah-kaidah SPOK (subyek, predikat, obyek, keterangan) dan penguasaan jenis kata; kata benda, kata sifat, kata kerja, keterangan waktu, keterangan tempat dan lain-lain. Banyak orang berpendapat bahwa bahasa Inggris itu lebih sulit dari bahasa Indonesia karena dalam bahasa Inggris ada tenses yang membedakan past, present dan future. Aku tidak mau berdebat soal mudah dan sulit. Buat aku sudah final dan tidak dapat diganggu gugat bahwa tidak ada yang sulit asal kita mau. 


Ada beberapa web yang sangat membantu kita agar dapat berbahasa Indonesia dengan lebih baik lagi. Dengan bantuan Google kita dapat mencari link yang kita mau. Diantaranya web tersebut adalah:


Mari manfaatkan ilmu ini dengan sebaik-baiknya.


Gambar:
http://spektrumku.wordpress.com/2010/11/25/bahasa-indonesia-yang-baik-dan-benar-maunya-bagaimana-sih/

Comments

Popular Posts