Belajar Sejarah Musik "Rock"


Seven Ages of Rock; buat anak yang sudah remaja, dalam hal ini anak-anak kami Fari dan Amira; bisa jadi pelajaran sejarah yang cukup seru; seru banget bahkan. Beberapa tahun yang lalu kami pernah bersama-sama nonton dan baru-baru ini diputar ulang lagi oleh BBC Knowledge Asia. Di sana pemirsa disuguhkan grup-grup rock legendaris dunia. Pemirsa juga disuguhi berbagai macam permainan musik terutama gitar dari para gitaris yang disebut sebagai kelas wahid dunia. Menurut aku, ini adalah pelajaran apresiasi salah satu seni musik.

Bagi Fattah (8 tahun) yang masih belum terlalu menikmatinya; beberapa lagu dalam acara ini pernah bersama-sama dimainkan bersama abang dan kakaknya dalam game Guitar Hero di Play Station. Dalam game ini anak-anak kami bisa tahu lagu-lagu yang populer bahkan jauh di masa mereka belum lahir, juga mengenal dan mengapresiasi bagaimana standard permainan gitar yang dianggap jago oleh para musisi. Game adalah juga ajang belajar bagi pemainnya. Saat Natal kemarin, Fari dan Amira menyanyi karaoke di salah satu rumah keluarga yang merayakan Natal. Ada salah satu paman mereka bertanya padaku bagaimana mereka bisa kenal, senang dan hafal lirik lagu-lagu lama dari jenis musik rock, slow rock, jazz, pop dan jenis musik lain. Aku sendiri tidak dapat menjawab. Mungkin juga pengaruh orang tua, tapi bisa jadi dari game, televisi dan video jawabannya. 


Kelihatannya hal ini seperti satu pengetahuan yang kalau di Indonesia tidak berarti terutama bagi yang tidak menyukai musik rock. Buat aku yang ikut menyaksikan acaranya, ada satu benang merah yang bisa didapat. Betapa percaya dirinya para seniman tersebut dalam berkreasi dan menyuguhkannya ke publik; dan betapa kreativitas sangat dihargai. Juga betapa berpengaruhnya grup musik Inggris di percaturan musik dunia -dalam hal ini musik rock; walaupun bisa saja dokumentari ini bias karena dibuat oleh stasiun televisi Inggris. 


Keterangan lebih lanjut tentang Seven Ages of Rock bisa dilihat di Wikipedia ini dan situs BBC ini. Pasti anak-anak muda lebih kreatif lagi dalam mencari sumber-sumber yang lain sehingga bisa mengunduhnya secara gratis dari sumber yang mereka cari; seperti yang dilakukan anakku Fari. Memang yang tua harus memberi jalan pada yang muda. Tugas orang tua dan/atau guru hanya jadi fasilitator.






Sumber gambar:
http://cine-mocion.tumblr.com/
http://www.jesus-is-savior.com/Evils%20in%20America/Rock-n-Roll/guitar_hero.htm

Comments

gahara said…
mungkin miss moi mau bikin sejarah musik rock di Indonesia, atau sudah ada? Kalau sejarah musik rock yang telah disebut, konteksnya kan masyarakat barat yang kadang dihubungkan dengan perubahan sosiologis masyarakat seperti adanya istilah flower generation, mass culture dan lain-lain.
Moi Kusman said…
Assalamualaykum Gahara, apa kabar?
Wah itu Gahara saja yang bikin. Atau mungkin bisa kolaborasi dengan yang lain. Pasti menarik. Ditunggu ya.

Popular Posts