10 langkah menyeterika mudah tapi licin a la Moi

Menyetrika? Dziegh! Banyak ibu KO dengan pekerjaan rumah satu itu, termasuk aku. Tapi itu dulu. Diserahkan pada asisten memang mudah, tapi sekian lama jadi ratu -ratu rumah tangga- masakan tidak bisa-bisa? Dari trial dan error berikut aku berikan langkah-langkah yang aku anggap praktis tapi dijamin licin:

Baju ditata di meja seterikaan
1. Seprei, sarung bantal/guling, sarung, mukena, pashmina, selimut, kalau masih punya bayi termasuk bedong bayi, daster, baju kaos (oblong, polo, singlet), ditata di meja setrikaan dengan sisi belakang menghadap kita. Kesemuanya akan menjadi alas menyetrika dan akan diseterika terakhir.
2. Mulai dari menyeterika dengan celana dan kemeja. Dua jenis pakaian ini paling menantang, jadi aku tempatkan di awal ketika aku masih semangat. Untuk tips menyeterika celana dan kemeja, lihat di bagian bawah tulisan ini.

3. Setelah celana dan kemeja selesai, giliran menyetrika kaos-kaos dan yang kita tata di nomor 1 di atas. Diharapkan karena sudah ditindih jadi lebih mudah menyetrika.
4. Kemudian seterika pakaian dalam. Pakaian dalam pria lebih dahulu karena bahannya lebih tebal dari pakaian perempuan. Cabut kabel seterikaan dari listrik. Panas yang masih ada untuk menyeterika pakaian dalam perempuan yang bahannya biasanya lebih tipis atau scarf dari bahan sintetis/sutera.
5. Handuk tidak diseterika karena tidak mau membuatnya jadi kasar karena panas seterikaan; begitu juga bra berkawat/berbahan sintetis, pakaian dalam wanita berbahan sintetis a la Victoria's Secret dan kaos kaki.
6. Pakai semprotan air jika bahan agak sulit diseterika. Aku tidak memakai produk yang bermerek. Cukup bermodalkan semprotan dan isi dengan air mineral galonan; lebih murah, sehat, dan ramah untuk lingkungan. Aku juga tidak menggunakan softener untuk membilas pakaian saat mencuci karena alasan kesehatan dan lingkungan hidup.
7. Nyalakan kipas angin di sekitar kita untuk mengusir hawa panas dari seterikaan.
8. Jangan berdiri; cari meja seterikaan yang bisa diatur tinggi rendahnya. 
9. Menyeterika sambil nonton TV. Seret meja seterikaan ke depan televisi dan bisa menyeterika sambil menambah ilmu (kalau yang ditonton adalah saluran tentang ilmu yang berguna). Hati-hati jangan sampai kena tangan!
10. Kalau terpaksa, menyeterikalah di ruang berpendingin DAN sambil menonton televisi.

Seterika kantong celana kiri kanan
Tips menyeterika celana dan kemeja:
  • Untuk celana, dibalik dulu untuk diseterika kantong kiri kanannya. Aku tidak meritsleting celana. Pertama menghemat tenaga meritsleting celana, juga agar saat dipakai lebih praktis, tinggal pakai.
  • Untuk kemeja, aku mulai menyeterika dari kerah, kemudian lengan baju, lalu bagian depannya yang cukup detil itu. Setelah itu dikancingkan. Aku tidak kancingkan semua dengan alasan yang sama dengan tidak meritsleting celana; yaitu kepraktisan. Setelah dikancing, baru dibalik untuk diseterika dan dilipat.
Selamat mencoba. ;-)


Comments

Daffodil said…
Very useful indeed. Kadang mengetahui setelan panas setrikaan juga penting ya. Beda merek, beda 'karakter'. :-)
Nan Supranata said…
Sederhana tapi bergunan, Bu. *jempol*

apa alasan meyetrika kantong celana di dalam ?
apa biar memudahkan utk menyetrikan bagian luar ?

Popular Posts