Hobi itu belajar!

Fattah suka main catur
  • What are your hobbies?
Pertanyaan di atas ada di deretan pertanyaan yang aku cetak di secarik kertas kecil dan dibagikan pada pertemuan pertama setiap kelasku. Ini salah satu metode ice-breaking yang aku lakukan. Pertanyaan lain tentu saja berhubungan dengan data pribadi seperti nama lengkap, nama panggilan, sekolah/tempat bekerja, alamat, keluarga dan mengapa ingin belajar bahasa Inggris. 

Eating out is also a hobby

Apa sih hobi itu? Ini beberapa sumber yang aku cari:

Sedangkan dalam bahasa Inggris:
Visiting museums
  • en.wikipedia.org, hobby =  a regular activity or interest that is undertaken for pleasure, typically done during one's leisure time (kegiatan atau ketertarikan yang dikerjakan untuk kesenangan, biasanya dikerjakan di waktu luang).
  • www.thefreedictionary.com, hobby = An activity or interest pursued outside one's regular occupation and engaged in primarily for pleasure (kegiatan atau ketertarikan yang dikerjakan diluar pekerjaan umum seseorang dan dilakukan khususnya untuk kesenangan).
  • dictionary.cambridge.org, hobby = activity which someone does for pleasure when they are not working (kegiatan yang dilakukan seseorang untuk kesenangan saat tidak sedang bekerja).
Hobi bermain teater
Situasi Cilegon sebelum krisis moneter; sungguh mudah mencari ibu-ibu bule yang ikut suami mereka untuk bekerja dan tinggal di Cilegon dan sekitarnya. Begitu krisis moneter melanda, mereka sulit ditemui. Saat itu dengan sedikit koneksi dari salah satu rekan sesama guru yang kebetulan tinggal satu kompleks dengan mereka, ibu-ibu bule itu dengan senang hati datang ke kelas-kelas untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan siswa. 

Suatu kali dijadwalkanlah kunjungan ibu bule ke kelasku. Sekretari perusahaan menelepon aku beberapa hari sebelum kunjungan ibu bule menanyakan topik apa saat ibu bule itu datang. Khas bule, mereka tidak mau hanya datang tanpa sesuatu. Kebetulan hari itu aku membahas tentang hobi. Pada hari-H datanglah Brenda Hooton yang berasal dari Kanada. Menurut Windy -rekan sesama guru yang tinggal satu kompleks dengannya, Brenda sudah punya cucu!

Bermain Lego
Kelas dimulai. Brenda bertanya satu persatu pada muridku apa hobi mereka. Usai menanyakan hobi, Brenda menceritakan sedikit tentang apa sebenarnya arti kata hobi itu. Menurut Brenda -berbeda dengan definisi yang aku berikan di atas- hobi itu adalah suatu kegiatan yang kita lakukan di waktu luang yang kita bisa belajar sesuatu darinya. Kita belajar dari hobi kita? Brenda mencontohkan bahwa memasak, menyanyi, membaca, ada unsur belajar di dalamnya. Dengan memasak kita jadi meningkatkan keterampilan kita karena tahu karakteristik bahan-bahan makanan. Menyanyipun begitu. Kita bisa melatih suara kita, tahu bermacam lagu dan jenis musik. Membaca tidak diragukan lagi karena merupakan jendela dunia. Wow, saat itu seperti aku mendapat sebuah pencerahan sekaligus tamparan. Jadi sekali lagi, kita bisa belajar dari hobi kita! Bukan sekedar kegiatan iseng-iseng rupanya!

NEVER waste time
Buat kebanyakan kita kata "belajar" itu sesuatu yang melelahkan, menakutkan, menyebalkan, sebut apa saja dan semua berkonotasi negatif. Hobi umum kita adalah makan bakso, nonton televisi, ngobrol. Kalau kita menggganti cara memandang, bisa jadi semua itu jadi sesuatu yang berarti. Hobi makan bakso membuat kita mengetahui bakso mana dengan karakteristik apa yang istimewa; bukan hanya makan sekedar makan. Nonton sinetron dengan maksud ingin mengetahui peta persinetronan Indonesia dan pola sinetron apa yang diminati sebagian besar penonton Indonesia? Siapa tahu. Semua dalam rangka menambah ilmu; bukan sekedar kegiatan pembunuh waktu. Waktu adalah hal yang sungguh sedemikian berharga sampai ada nama surah di Al Qur'an yang menjadikan waktu memang tidak seharusnya "dibunuh" sia-sia.

Mobil apa buatan mana?
Sejak itu, sungguh, aku lebih berhati-hati bila menyebutkan apa hobiku; begitupun aku ingatkan murid-muridku. Kalau mengaku punya hobi nonton F1 atau MotoGP berarti harus tahu nama pembalap dan dari negara mana; dari tim mana,  asal tim dari mana, pakai mobil apa, ban apa; berlaga di sirkuit apa di negara mana; plus sedikit banyak pengetahuan tentang sejarah F1 atau MotoGP itu (misalnya Ayrton Senna meninggal di sirkuit ini, Rossi juara di sirkuit ini tahun lalu, Monaco sirkuit di jalan raya, dan sebagainya); bukan sekedar lihat pembalap putar-putar sekian lap. Hobi itu suatu yang serius; sangat! Memasak, menjahit, menyanyi, bermain drama, bermusik, bermain game, olah raga, menari, membuat kerajinan tangan, menulis, bisa jadi karir kita kelak.

Comments

Baru tersadar juga bahwa hobi itu belajar. Makasih pencerahannya mb Moi!
Moi Kusman said…
Terima kasih banyak u/ sering berkomen yang pertama, adikku Ratna yang baik. *Hugs belum mandi malam*
Upi Supriyatna said…
setahun ini saya punya hobi koleksi koin perak, jadi seneng ikut diskusi perak di kaskus, lihat lelang di ebay, lihat video membedakan perak asli dan palsu di youtube... ya intinya terus belajar dengan hobi yang baru ini...

'Upi S.
Moi Kusman said…
That's what I'm talking about, Upi! Cool. Having hobbies makes someone alive & kicking! I'm happy for you!
cerita hati said…
kereeennn, banyak orang salah mengartikan belajar hanya karena belajar itu dianggap duduk tenang, rapi sambil membaca buku dan mencatat sesuatu, makasih Mbakyu Moi pencerahannya. Kereennn
Dinar Ardanti said…
Suamiku, kecilnya hobi banget komputer mulai dari game hingga utak-utik coding sampai ke hardwarenya juga. Hobi tsb didukung papa n mama-nya.
Alhamdulillaah, kini benar2 dia berkecimpung di dunia komputer, sampai ajah menganggap kerjaannya adalah mainannya (padahal swear, saya yang lulusan sekolah komputer sungguh njelimet liat kerjaan suami, kog dia bisa2nya anggap itu mainan >< ).
Moi Kusman said…
Happy for you, Dinar. Senang bisa menginspirasi, cerita hati. Terima kasih sudah baca ya.
Nan Supranata said…
menulis atau nge-blog bisa jd hobby juga kab Bu :)
Adelien said…
Saya suka belajar. Jika mulai ada signal tertarik terhadap sesuatu:
1. Bingung
2. Penasaran
3. Eksplorasi
4. Kecanduan
Kalau sudah meredup, selalu ada penyemangat. Kalaupun harus gagal dan bosan, selalu dapat yang baru. That's my learning life.

Popular Posts