Bolu wortel campur ampas kacang kedelai, sisa dari pembuatan susu kedelai

Bolu dengan campuran coklat keping
Bolu ini hasil rekaan karena aku sayang membuang ampas kacang kedelai sisa dari pembuatan susu kedelai. Resep dasarnya adalah resep carrot cake biasa, hanya saja ditambah ampas kacang kedelai. Resep aslinya aku dapat dari sini. Setelah dipadu padan dengan bahan-bahan yang tersedia, sudah pernah aku buat dua kali karena dalam seminggu aku dua kali membuat susu kedelai dimana dalam sekali buat, aku memakai 250 gram kacang kedelai. Ini bahan hasil modifikasiku yang selalu buat bolu ini dengan dua kali resep; supaya hemat tenaga dan waktu. Aku membuatnya di dua cetakan segi empat, yang satu sekitar 30 x 30 cm dan yang lain 25 x 25 cm.

Bahan:

  • 1 1/2 cup gula pasir
  • 2 cup minyak sayur, aku pakai minyak kelapa, tapi sawit dan yang lain juga bisa
  • 6 butir telur
  • 4 cup tepung terigu
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk, lebih boleh.
  • 2 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh vanila
  • 6 cup campuran ampas kedelai dan wortel parut
  • 1 cup kacang tumbuk (jenis apapun) dan/atau 1 cup keping coklat, jika ada dan/atau suka.
  • keju parut secukupnya untuk taburan di atas bolu, jika ada dan/atau suka.
Bolu dengan taburan keju
Cara membuat:
  • Menggunakan mixer, kocok minyak sayur dan gula pasir.
  • Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok.
  • Masukkan ampas kedelai dan wortel parut, sambil dikocok pelan.
  • Hentikan mixer dan mulai memasukkan bahan lainnya sambil diaduk perlahan.
  • Panggang di oven dengan api sedang sekitar 45 menit hingga tusuk gigi yang ditusukkan ke adonan bolu kering.
  • Dinginkan, lalu potong-potong untuk disajikan atau disimpan dalam wadah, disimpan di lemari pendingin untuk dikonsumsi selanjutnya baik untuk sarapan, camilan maupun bekal.
Selamat mencoba ;-)

Comments

Popular Posts