Dimana Pedoman Politikmu? Tes Iseng-iseng di www.politicalcompass.org.


Dari percakapan whatsapp dengan salah satu grup, aku dapat referensi untuk melakukan tes dimana sih acuan politik atau political compass kita, secara ekonomi maupun secara ideologi? Silakan ikut tesnya di sini, dan bisa kita lihat secara ekonomi apakah kita itu kiri (komunis) atau kanan (neo liberal), secara sosial apakah kita itu otoriter (fasisme) atau liberal (anarkisme)?

Ada enam halaman tes, semua dalam bahasa Inggris. Pertanyaan berformat ya/tidak, dengan empat jawaban - strongly disagree, - disagree, - agree, dan - strongly agree. Kebanyakan pertanyaannya cukup menggelitik, seperti pertanyaan:

No one chooses his or her country of birth, so it's foolish to be proud of it.
It's a sad reflection on our society that something as basic as drinking water is now a bottled, branded consumer product.
Schools should not make classroom attendance compulsory.
The prime function of schooling should be to equip the future generation to find jobs.

Seru dan tambah wawasan baru, juga pelajaran baru. Aku ikut dua kali sekedar pengin tahu apa bisa sama atau tidak. Yang pertama aku kiri -7.25 dan liberal -2.77; dan tes ke kedua tetap kiri -5.75 dan liberal -3.95. Menurut hasil, tokoh yang berada di kisaran aku adalah Gandhi. Hmm, not bad. 

Comments

Popular Posts