Laporan Karya Akhir Dan Skripsi Anak-anakku

Beberapa saat yang lalu aku masukkan foto laporan karya akhir/skripsi anak-anakku ini di facebookku dengan tautan ini; juga dibagikan ke grup Indonesia Homeschooler di facebook. untuk memberi semangat kepada para orang tua dari anak sekolah rumah, juga kepada anak sekolah rumah.

Sungguh tidak percaya dan penuh rasa syukur saat anak-anak pulang sambil membawa tugas akhir mereka. Fari yang mengambil Program Vokasi Program Studi Komunikasi Peminatan Periklanan UI dengan laporan karya akhir judul "Rencana Program Komunikasi Pemasaran Terpadu Green Sands Original," dan Amira di Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Ilmu Filsafat UI dengan judul "Queer Theory: Kritik Terhadap Heteroseksisme Yang Ditimbulkan Hegemoni Biner."

Sebuah perjalanan yang tidak mudah mengingat kami memutuskan untuk anak-anak tidak bersekolah formal; tidak mudah juga mengingat hal-hal yang kamijumpai justru saat anak-anak bersekolah formal; tapi terus terang juga bukan satu perjalanan yang luar biasa sulit dan berliku. Sepanjang berjalannya waktu, kami bersyukur ada saja jalan ke luar dari apa pun tantangan -aku menolak untuk menyebutnya hambatan- yang kami temui.

Laporan karya akhir dan skripsi ini bukan akhir perjalanan belajar anak-anak dan kami sebagai orang tua mereka. Aku tahu kedua anakku masih banyak menyimpan mimpi. Semoga satu demi satu mimpi terwujud, semoga selalu jadi pribadi yang masih merasa bodoh sehingga tak putus belajar seperti kata Steve Jobs "stay hungry and stay foolish", semoga jadi pribadi bahagia dan penuh rasa syukur, semoga jadi seperti kalimat dalam bait lagu Ibu Soed: "tegakkan hatimu gagah berani, selalu gembira dan lurus hati." Aamiin ya robbal alamin. 

Comments

Popular Posts