Bahasa Inggris 24: This vs These, Bagaimana Membacanya?


Pelafalan dalam bahasa Inggris.
Sumber gambar dari sini.
Menyusul tulisanku tentang pronunciation atau pelafalan di sini, aku sering menuliskan beberapa contoh kata di bawah ini agar murid mengerti bedanya melafalkannya. Berikut adalah sebagian dari kata-kata itu:
bit vs beat
fit vs feet
hit vs heat
it vs eat
knit vs neat
lick vs leak
sin vs seen
sit vs seat
this vs these

Penjelasanku pada murid adalah sebagai berikut:
Kata-kata di sebelah kiri, dengan huruf vokal "i", dibaca seperti orang Jawa pada umumnya membaca kata-kata dalam bahasa Jawa seperti:
  • wis
  • ning
  • sing
Pada umumnya huruf "i" pada tiga kata di atas dibaca seperti huruf "e". Di sebagian kecil daerah yang berbahasa Jawa ada yang membaca dengan huruf "i", tapi sebagian besar dibaca seperti huruf "e". Contoh lain ada pada kata "Indonesia". Kata terakhir ada dua cara membacanya. Ada yang cara membacanya seperti diawali seperti huruf "e", ada pula yang membacanya betul-betul seperti huruf "i". Nah, kata-kata dalam bahasa Inggris dengan huruf "i" diapit oleh dua konsonan pada umumnya dibaca seperti huruf "e". Ada pengecualian, tapi tidak dibahas di sini.

Sementar kata-kata di sebelah kanan, kombinas "ee" atau "ea" dibaca seperti kita membaca huruf "i" dalam pelafalan Indonesia. Dibaca dengan "i" yang kuat seperti pada kata "sih", "nih", "pilih", "kiri", dan lain-lain. Selalu cek di kamus, terutama kamus daring yang kita dapat cek pelafalannya. 

Comments

Ron said…
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Blognya bagus, isinya bermamfaat. :)
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Popular Posts