Ikut Caspper -Camping Seru Pegiat Pendidikan Rumah- 2015 di Kampung Jawa, Turi, Sleman, Yogyakarta (bagian 1)

Caspper 2014
Foto diambil dari tautan di atas.
Setelah luput di tahun 2014 karena begitu kembali lagi ke Cilegon dari acara Fesper 2014 di Salatiga, ternyata tak lama sesudahnya ada acara Caspper (Camping Seru Pegiat Pendidikan Rumah) 2014 yang dilaksanakan di di Yogyakarta, dan sepertinya juga tak kalah seru; akhirnya di tahun 2015 kami berbulat tekad untuk ikut Caspper 2015. Tapi sayang sungguh disayang, saat mengetahui ada Caspper 2015 pendaftaran sudah tutup karena sudah penuh. Aku betul-betul sudah lupa. Akhirnya setelah menghubungi panitia, kami masuk dalam daftar tunggu -yang saat itu kami masuk daftar tunggu nomor 1. Sekitar kurang dari seminggu aku japri ke Ully salah satu panitia, ternyata Ully juga ingin mengabarkan bahwa memang ada satu keluarga yang mundur, dan kami bisa hadir. Wah, senangnya! Memang aku butuh kabar jauh-jauh hari karena kami ingin bermobil ke Yogya, dan karena sudah sampai Yogya, sayang kalau dilewatkan hanya sebentar. Aku ingin memesan hotel ke tempat tujuan kami yang lain.

Lauk dari nasi Jamblang Cirebon. Enak!
Sampailah hari-hari yang ditunggu. Hari Rabu tanggal 6 Mei setelah mengajar di salah satu kantor di daerah Jakarta Selatan, kami berangkat bertiga, aku, Ican, dan Fattah. Tujuan kami ke Cirebon dan sudah memesan hotel di sana. Kami sadar bahwa langsung ke Yogya akan melelahkan, kami pun ingin tidak terlalu terburu-buru menyupir dengan santai, maka jadi pilihan buat kami untuk beristirahat sebelum waktu terlalu larut malam. Sejenak di Cirebon, menyaksikan gunung Ceremai di kejauhan, mencoba nasi lengko, nasi jamblang, namun sayang tidak bisa mengunjungi keraton, dan tempat bersejarah yang lain. Satu janji untuk berkunjung lagi lebih lama, lebih dalam, lebih santai.

Salah satu motif batik Ungaran
Hari Kamis perjalanan kami lanjutkan dan tujuannya tentu saja Yogya. Sayangnya kami harus berangkat menjelang siang karena ada masalah di mobil kami dan Ican ingin memeriksakannya dulu. Kami sampai Yogya cukup larut yaitu setelah jam 21.00, paling tidak menurut kami, karena sebetulnya akan lebih senang kalau tiba di tujuan di sore hari, dapat menikmati sekitar, dan menikmati hotel. Kami berhenti di beberapa tempat: Brebes untuk telur asin, Tegal untuk makan siang dengan lauk sate kambing batibul (bawah tiga bulan), di Ungaran untuk minum kopi Banaran, di mana aku juga berkesempatan untuk melihat batik khas Ungaran dengan motif daun kopi, bunga kopi, atau kombinasi dua hal tersebut. "Jogja, Jogja, memang istimewa. Istimewa negerinya istimewa orangnya", lantunku dan Fattah saat terbaca bahwa kami masuk Yogya. Lagu Jogja Istimewa dari Marzuki Mohammad Kill the DJ itu pas sekali mewakili semangat kami saat itu.

Kemah keluarga, bebas asap rokok!
Dan tibalah Jumat, hari di mana Caspper dimulai. Bersemangat kami bertiga memulai hari dengan berenang di hotel tempat kami tinggal. Kami makan siang agar tidak kelaparan karena Caspper tidak menyediakan makan siang, lalu langsung menuju Turi, Sleman tempat Caspper dilaksanakan. Tidak sabar, semangat bertemu dengan keluarga yang pernah kami ketemu sebelumnya, juga antusias bertemu dengan keluarga baru yang belum pernah kami jumpa.

Tenda dengan latar belakang bangunan khas Jawa
Ini dia acara di hari pertama Caspper:

Jumat, 8 Mei 2015
13.00 – 14.00: Yuk CANDA (Catat Nama Undi Tenda) dulu
Tempat: Limasan 3
14.00 – 15.45: Mari kita TAMBAL BAN (Tambah Ilmu Bersama Narasumber)
Tema: “Pengembangan Bakat Anak” bersama Kumala, Psi
Tempat: Limasan 2
14.00 – 15.45: Kerajinan Tangan Anak bersama Pak Iwan
Tempat: Joglo
16.15 – 17.30: Main Angklung bersama Pak Agus
Tempat: Limasan 2
17.30 – 19.00: SALAM MANIS (Sholat Magrib, Makan lanjut Isya)
19.00 – 20.30: Perkenalan Keluarga & AKSI (Ajang Kreasi dan Seni)
20.30 – 21.30 : Menikmati indahnya langit malam bersama Kafe Astronomi Jogja
Tempat: Camping ground
21.30: Bobok nyaman di tenda

Tidak terasa acara yang cukup padat itu berjalan lancar. Aku lanjutkan di bagian ke dua ya. ;-)